Gejala Batu Ginjal

Batu Ginjal
02/11/2022 0 Comments

Letak dan Fungsi Ginjal

Sakit pinggang sering kali dikaitkan dengan batu ginjal, namun benarkah sakit pinggang adalah gejala Batu Ginjal ? Sebenarnya sakit pinggang tidak selalu harus berkaitan dengan Batu Ginjal. Ada faktor-faktor tertentu.

Sebelum kita bahas lebih jauh mari kita mengenal anatomi dan fungsi Ginjal dalam tubuh manusia. Organ ginjal sangat berperan penting dalam tubuh. Letak ginjal ada di bagian belakang persis di bawah tulang rusuk dan berada antara sisi kanan dan kiri tulang punggung bawah. 

Fungsi utama organ tubuh yang satu ini adalah menyaring dan membersihkan darah dari zat beracun sebelum pada akhirnya dialirkan ke seluruh tubuh. Lalu sisa zat beracun akan dibuang melalui urin. 

Fungsi lain dari Ginjal adalah memproduksi sel darah merah, menyeimbangkan cairan tubuh, membuat aktif Vitamin D, Menstabilkan Tekanan Darah.

Ada banyak macam-macam penyakit ginjal salah satunya adalah Infeksi ginjal, batu ginjal, gagal ginjal/nefrolitiasis, sindrom nefritik, sindrom nefrotik, nefropati diabetik, dan tumor ginjal. 

Namun yang kita bahas kali ini adalah Batu Ginjal atau nefrolitiasis. Apakah benar jika sakit pinggang adalah gejala awal terkena Batu Ginjal. Mari kita bahas satu per satu.

batu ginjal

Penyebab Batu Ginjal

Penyakit ini yang paling sering dijumpai di kalangan masyarakat. Hal ini terjadi karena menumpuknya zat-zat di dalam ginjal sehingga mengendap dan membentuk kristal menyerupai batu. Zat yang paling sering dijumpai adalah seperti kalsium dan asam oksalat.Sering dijumpai pada makanan asin dan manis.

Ciri-Ciri Batu Ginjal/Nefrolitiasis

  • Sakit pinggang 

Sakit pinggang menjalar ke perut adalah salah satu ciri-ciri terkena nefrolitiasis. Biasanya ini terasa hampir sama dengan sakit pinggang biasa. Kadang terasa seperti ditusuk-tusuk atau kram. Setiap orang berbeda-beda dalam kasus ini. 

  • Demam

Seseorang yang mengalami nefrolitiasis akan merasa suhu tubuh meningkat. Ini disebabkan karena adanya pergeseran batu di dalam dinding ginjal. Sehingga terjadi infeksi dan menyebabkan Demam. Biasanya jika sudah semakin parah, demam akan disertai dengan menggigil dan nyeri yang hebat.

  • Mual dan Muntah

Gejala mual dan muntah adalah suatu sinyal yang dihantarkan ginjal melalui saraf dengan adanya rasa tidak nyaman di perut. Ini adalah salah satu bentuk respon yang dilakukan oleh tubuh bahwa adanya rasa nyeri yang hebat. Oleh sebab itu mual dan muntah adalah salah satu ciri-ciri batu ginjal.

  • Hematuria

Hematuria atau kencing berdarah juga salah satu ciri-ciri nefrolitiasis. Ini karena batu yang ada di dalam melukai dinding ginjal sehingga terjadi robekan dan menyebabkan perdarahan. Warna urin akan seperti merah atau kecoklatan. 

  • Nyeri ketuk

Biasanya yang melakukan adalah tenaga ahli seperti dokter atau perawat. Dengan meletakkan tangan kiri di pinggang yang sakit lalu tangan kanan memukul seperti meninju tangan kiri tersebut. Jika terasa nyeri seperti kontak ke perut artinya bisa jadi kemungkinan ada nefrolitiasis. 

Itulah gejala dan ciri-ciri dari batu ginjal. Jika merasa mengalami hal tersebut segera periksakan ke dokter. Sehingga tidak memicu terjadinya batu ginjal yang semakin parah. 

ciri batu ginjal

Penanganan Batu Ginjal

Penanganan batu ginjal ada bermacam-macam tergantung kondisi batu ginjal tersebut. Beberapa masih bisa dengan obat-obatan dan ada juga yang memerlukan tindakan dokter seperti operasi dan laser. 

Pencegahan Batu Ginjal

Minum Air Putih

Air putih adalah salah satu bagian penting untuk tubuh manusia. Asupan air yang cukup memudahkan ginjal untuk bekerja dalam mengeluarkan racun dan zat kimia dari tubuh. Perlunya manusia minum air minimal 2 liter per hari karena air membantu agar tidak terjadinya pengendapan zat di dalam ginjal. Semakin sedikit minum air maka akan terjadi pengendapan sehingga terjadi bentukan kristal dan batu ginjal. Maka dari itu kemenkes menyarankan agar minum air putih setidaknya 2 liter per hari.  

Pola Makan Sehat

Makanan yang sehat akan memberikan efek yang sehat juga untuk tubuh manusia. kesehatan berasal dari pola hidup manusia tersebut. Semakin sehat pola hidup maka semakin kecil kemungkinan manusia terkena penyakit. Sama hal nya dengan Ginjal. Seperti fungsinya, ginjal membantu menyaring zat yang masuk kedalam tubuh. Semakin banyak zat racun yang kita konsumsi maka semakin gampang kerja ginjal melemah. Makanan yang harus kita hindari adalah makanan yang mengandung garam tinggi, protein hewani, makanan manis, makanan yang mengandung oksalat seperti kacang-kacangan, bayam dan mengandung Vit C tinggi. 

Olahraga

Rajin berolahraga salah satu dapat membantu pencegahan batu ginjal terbentuk dalam tubuh,. Faktanya obesitas ternyata dapat mempercepat adanya nefrolitiasis dalam tubuh. Ini karena meningkatnya kalsium dan lemak dalam darah. sehingga dapat membuat endapan zat dalam ginjal. Maka dari itu mari berolahraga setiap hari agar tidak terjadi penumpukan lemak dan kalsium dalam darah. 

Konsumsi Apel Hijau

Apel hijau mengandung antioksidan tinggi dan rendah kalium. Sehingga dapat menjaga kesehatan ginjal. Tidak hanya itu kandungan yang ada pada apel hijau ini bisa membantu mengikis kristal/nefrolitiasis yang sudah terbentuk. Kandungan serat yang ada pada apel hijau dapat menyerap zat racun sehingga sangat membantu kerja ginjal. 

Konsultasi ke Dokter

Ada baiknya konsultasi ke dokter yang lebih ahli agar lebih yakin. Dokter akan menjelaskan secara jelas tentang apa yang boleh dan apa yang harus anda kurangi untuk dikonsumsi. Lagipun anda bisa sekalian memeriksakan ginjal anda. Masih sehat atau sudah ada tanda-tanda adanya nefrolitiasis.

Inilah beberapa yang dapat kami sampaikan untuk mencegah terjadinya penyakit nefrolitiasis. Semoga bermanfaat dan dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *