Cat kuku penyebab jamur, apakah berbahaya?

30/10/2022 0 Comments

Bagi semua perempuan di dunia, mewarnai kuku adalah hal yang sudah biasa. Selain terlihat cantik, cat kuku juga menambah kepercayaan diri pada wanita. Tidak hanya kalangan dewasa bahkan kerap kali anak-anak juga sering memakai cat kuku.

Menurut pakar kesehatan, terlalu lama menggunakan cat kuku dapat membuat kuku menjadi tidak sehat, keras, Iritasi kulit, dan bahkan dapat menyebabkan jamur. Ini karena bahan dalam cat kuku dapat meresap ke dalam lapisan kuku dan kulit.

Kandungan berbahaya dalam cat kuku

ialah Formalin atau formaldehid, zat Toluene dan Etil Asetat. 

Formalin atau Formaldehid

Cat kuku mampu bertahan lama karena adanya kandungan zat Formalin. Zat ini berwujud gas atau cairan. Bahan ini mampu membuat kuku menjadi lebih halus, lembut dan tidak mudah lepas. Namun seperti yang kita ketahui bahwa bahan ini tidak hanya berbahaya saat dikonsumsi tapi juga berbahaya saat dihirup. 

Toluene 

Toluene diketahui dapat menyebabkan iritasi pada mata, pusing, dan dapat merusak sistem saraf. Bahan ini merupakan zat kimia yang berfungsi mempertajam warna. 

 Etil Asetat

Zat ini berfungsi untuk mengeraskan kuku. Namun dapat menyebabkan kerusakan pada pertumbuhan jaringan kuku. Ini dikarenakan adanya hambatan jaringan saat lapisan kuku akan tumbuh sehingga dapat menyebabkan kuku kering, iritasi dan menyebabkan pertumbuhan jamur.

 

Menjaga penampilan memang sangat penting. Namun kita juga harus bisa melihat bahan-bahan produk yang akan kita pakai. Jangan sampai mengesampingkan kesehatan hanya karena ingin terlihat cantik.

Cara agar kuku sehat kembali

Namun bagaimana jika kuku anda sudah terlanjur kering dan berjamur?

Berikut ini akan kami rangkum bagaimana cara agar kuku anda sehat kembali. 

Minyak Zaitun

Seperti yang kita tahu, minyak zaitun sangatlah banyak manfaatnya. Tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan tapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat minyak zaitun adalah membantu menghilangkan jamur pada kuku dan mengembalikan warna putih pada kuku. Caranya oleskan minyak zaitun ke dalam kuku. Pastikan kuku anda bersih sebelum mengoles minyak zaitun tersebut. Tidak perlu di bilas dan lakukan hal ini minimal 2 kali dalam sehari. Niscaya kuku anda akan terbebas dari yang namanya jamur.

Tomat

Selain minyak zaitun, tomat adalah salah satu yang bisa membantu untuk menghilangkan jamur pada kuku. Tomat mengandung biotin yang tinggi sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan kuku secara alami. Ada dua cara yang bisa dilakukan, yang pertama dengan cara mengkonsumsi tomat sesering mungkin. dengan cara ini kandungan biotin yang ada di dalam tomat akan membantu pertumbuhan kuku dari dalam. Cara kedua anda bisa lakukan dengan mencampur tomat dengan minyak zaitun lalu mengoleskannya pada kuku.

Bawang Putih

Dari zaman nenek moyang kita dulu, bawang putih seringkali digunakan untuk memperkuat kuku yang gampang patah. Tidak hanya memperkuat kuku, ternyata bumbu dapur yang satu ini mampu mengatasi jamur pada kuku.  Bawang putih sendiri mengandung Vitamin C, kalsium, zat besi, Vitamin B1, Vitamin B6 dan Kalium. Oleh karena itu sangat ampuh untuk menghilangkan jamur dan bakteri pada kuku anda. Caranya hanya dengan mengoleskan bawang putih yang sudah dipotong ke daerah kuku yang terinfeksi. Kemudian, tutup dengan kain kasa atau kain perban, diamkan sekitar 1 jam lalu bilas hingga bersih. Lakukan hal ini setidaknya sampai jamur yang ada di kuku hilang. 

Madu

Madu sangat banyak manfaatnya untuk Tubuh. selain enak dimakan, madu juga bisa kita gunakan di luar tubuh. Karena madu mengandung banyak zat dan vitamin. Salah satunya Vitamin C, antioksidan tinggi, dan  Zat besi. Seperti kita tahu Vitamin C sangat bagus untuk membantu pertumbuhan kuku yang sehat. Begitu juga dengan antioksidan yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan jamur yang ada di dalam tubuh manusia. Sehingga madu sering digunakan untuk pengobatan luka dan infeksi. Tentu saja madu juga berkhasiat menghilangkan jamur kuku. Anda hanya perlu mengoleskan madu ke area kuku yang berjamur. Tunggu 15 sampai 20 menit saja. Lalu bilas dengan bersih. Lakukan 3 kali sehari agar mempercepat penyembuhan.

Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung sekitar 47% asam laurat dan mengandung sifat anti bakteri dan anti virus. Sehingga dapat mencegah adanya pertumbuhan bakteri dan jamur pada kuku. Dengan mengoleskan pada kuku yang terinfeksi dan dibiarkan semalaman, jamur kuku akan rontok dengan perlahan.

Krim kuku atau Vitamin kuku

Krim kuku atau biasa kita sebut Vitamin kuku adalah salah satu opsi penyembuhan kuku jamur tanpa ribet. Anda tinggal membeli krim kuku yang bagus di Apotik atau di  toko online. Namun meski demikian, anda perlu melihat kandungan krim tersebut. Pastikan kandungan yang ada di dalam tidak mengandung Alkohol dan zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. 

kuku sehat

Ada begitu banyak hal yang bisa kita gunakan untuk penyembuhan jamur pada kuku yang penyebabnya adalah zat berbahaya yang terkandung dalam cat kuku atau kutek. Namun demikian ada baiknya kita mencegah hal itu terjadi. Dengan salah satu contohnya adalah melihat dan memilah kandungan yang ada dalam cat kuku tersebut. Seperti yang sudah kita bahas di atas ada beberapa zat yang sebaiknya kita hindari. Baik atau tidaknya jika kita gunakan dalam jangka panjang. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *