10 Tanda Kesehatan Mental Kamu Sedang Menurun

10 Tanda Kesehatan Mental Kamu Sedang Menurun
04/11/2022 0 Comments

Kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Merupakan bagian penting dalam aspek kehidupan sehari hari yang terus kita jalankan selama ini di kehidupan nyata.

Terdapat fakta kumpulan kesehatan yang menurun ataupun bisa kita sebut memburuk karena adanya suatu tanda yang terjadi pada tubuh kita. Jangan sampai ada tanda kesehatan memburuk. Kesehatan yang memburuk perlu kita tanganin segera mungkin. Jangan sampai tanda kesehatan tersebut terabaikan.

Menurut dosen guru besar psikolog di amerika serikat klinis Deborah Offner. Rata-rata orang masih mengabaikan dan malas serta takut untuk mencari pertolongan ketika kesehatan mental sedang bermasalah. Faktornya karena dukungan dari lingkungan untuk bertambah kuat dan bertahan serta juga harus mandiri. Karena hal ini mereka tidak ingin menunjukan dirinya tampak rapuh seperti ada kelemahan

Berikut tentang tanda-tanda kesehatan mental yang terus menurun

Kehilangan minat terhadap sesuatu yang biasa

10 Tanda Kesehatan Mental Kamu Sedang Menurun

Jika kamu mulai bosan dengan sesuatu hal yang biasa kamu lakukan pada setiap harinya dan juga hilangnya ketertarikan pada sesuatu yang kamu sukai. Atau pada hal sederhana yang langsung membuat mood kamu turun dengan sangat tidak baik. Itu mungkin saja bisa menjadi pertanda kesehatan mental kamu sedang dalam keadaaan menurun.Kehilangan mood terhadap hobi juga merupakan tanda peringatan bahwa kamu sedang stress. Kamu juga dapat merasakan ini karena stres yang terlalu berlebihan dalam hidup dan merasa begitu kelelahan dan kewalahan dengan semua kerjaan yang di miliki.

Selalu merasa kurang tidur bisa jadi karena kesehatan mental yang kurang

10 Tanda Kesehatan Mental Kamu Sedang Menurun

Walaupun sudah tidur dengan cukup dan makan yang tepat, jika kamu terus menerus merasa lesu dan lelah. Ini bisa menjadi tanda kesehatan mental kamu sedang tidak bagus. Lebih dari merasa lesu, tetapi sampai saat kamu tidak lagi produktif dalam melakukan aktivitas.Membuat pikiran dalam diri menjadi keraguan yang mendalam.Dalam keadaan seperti ini kita juga bisa mengalami gagal focus saat bekerja sekaligus bisa membuat kita menjadi menghayal.

Meningkatnya rasa kecemasan dalam diri

Saat kamu mulai merasakan kecemasan tanpa adanya masalah pada kehidupan nyata dan sehari-hari. Faktor ini menjadi salah satu penyebab kesehatan mental kita sudah mulai menurun. Faktor ini juga bisa mengganggu akitvitas kita dalam kehidupan sehari-harinya. Kecemasan merupakan suatu faktor penyebab utama penyebab stress dari gejala psikologis dan fisik pada diri seseorang.

Meningkatnya emosional pada diri sendiriĀ 

Dalam kehidupan sehari-hari pastinya kita tidak lepas dari pembicaraan antara mahkluk hidup yaitu manusia. Faktor emosional menjadi salah hal yang patut harus kita jaga dalam diri sendiri. Karena faktor inilah menjadi seseorang gampang terpancing dengan namanya hal sepele dan membuat sesuatu yang kecil menjadi besar. Dari faktor emsional inilah menjadi penyebab tanda kesehatan mental kamu sedang menurun.

Kurangnya focus pada setiap hal menjadi tanda mulai kurang kesehatan mental

Contohnya ketika kamu sedang mendengarkan orang lain berbicara tetapi kamu sulit focus dan mengakibatkan harus mendengarkanya secara berulang-ulang agar bisa dapat memahaminya. Kurangnya focus juga di sebabkan oleh pikiran kita sedang stress ataupun malas dalam merawat diri sendiri.

Seringnya menyendiri atau tidak mau bersosialiasi

Sering menyendiri tidak semuanya bisa di bilang kamu sedang tidak sehat secara mental. Tetapi seringnya menyendiri di sini itu merujuk pada sendiri tanpa melakukan kegiatan apapun dalam kehidupan sehari hari. Tidak suka berinteraksi dan bersosialisasi karena pikirnya hal tersebut membuat begitu melelahkan. Fakor ini menjadi penyebab utama tanda kesehatan mental seseorang sedang menurun. Faktor ini juga yang bisa membuat sesorang menjadi berhalusinasi dan bahkan lebih parahnya menjadi orang gila.

Tidak memiliki pola tidur yang benar

Pentingnya kita mengatur pola tidur yang baik untuk diri kita sendiri dalam kehidupan sehari-harinya. Pola tidur kamu yang tidak beraturan, sering kali bisa seharian tertidur pada siang harinya dan malam hari bisa tidak tidur sama sekali. Perubahan pada pola tidur ini bisa menyebabkan peningkatan stress dalam diri dan tanda penurunan kesehatan mentalmu.

Mudahnya merasa kelelahan dan kecapekan berpengaruh pada kesehatan mental

Pastinya setiap orang pada umumnya beraktivitas seperti biasanya mulai dengan bekerja,bermain dan lain sebagainya. Pada hal ini jika seseorang melakukan kegiatan fisik ringan tetapi mudah merasakan kelelahan dan kecapekan. Hal ini menjadi pertanda bawa kesehatan fisik maupun mental kita sedang menurun.

Perubahan pada napsu makan

Kamu mungkin sering merasa tidak lapar ketika belum makan itu bisa menjadi tanda adanya perubahan pada nafsu makan seseorang. Berkurangnya makananan yang masuk kedalam tubuh kita bisa menyebabkan berbagai masalah salah satu contohnya adalah lapar dan lesu. Dan sebaliknya jika kamu mungkin juga sering merasa selalu kelaparan dan menimbulkan napsu makan yang besar. Keinginan untuk mengkomsumsi makanan saat dilanda stress pasti akan meningkat walaupun sedanf tidak lapar. Pada segelitir orang makan salah satu cara untuk menghilangkan stress. Perubahan pola pada napsu makan merupakan salah satu faktor kesehatan mental kamu sedang menurun.

Merasa putus asa dan tidak berdaya

Putus asa adalah sebuah emosi atau perasaan pada seseorang ditandai dengan berkurangnya harapan dan gairah.Seseorng yang mengalami kondisi seperti ini sering kali mudah menyerah dan terasa tidak memiliki peluang pada dirinya sendiri. Putus asa menjadi salah satu tanda kesehatan mental kita sedang menurun.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *