Haid : Tips Menetralisir

haid
17/11/2022 0 Comments

Ada banyak wanita yang mengeluh karena mengalami sakit perut saat sedang haid, hingga bisa menganggu aktivitas sehari-hari. Disini kami akan memberikan tips menetralisir haid.

Ada berapa tips yang wajib kalian coba di rumah untuk mengurangi nyeri pada haid loh.Yukk, kita simak bareng bareng agar hari hari anda lebih mudah saat mengalami nyeri pada haid!

Setiap bulannya wanita pasti mengalami menstruasi atau lebih di kenal dengan sebutan haid.Menstruasi adalah dan proses keluarnya darah dan sel telur yang tidak dibuahi dari vagina.Wanita yang mengalami menstruasi pasti akan mengeluhkan rasa sakit dan kram di bagian perutnya.

Tips Menetelaris Haid

Pada saat akan datangnya haid wanita akan merasakan nyeri pada perutnya bahkan sampai saatnya juga wanita akan merasakan nyeri pada perutnya atau bisa di sebut dengan dismenore.

Dysmenorrhea atau seringg di sebut dengan nyeri haid (sakit perut) akibat kontraksi otot dinding rahim terjadi ketidakmampuan oksigen mencapai jaringan rahim.

Terkadang sakit nyeri haid bisa menhilang dengan sendirinya
Ketika wanita sedang haid, beberapa senyawa mirip hormon yang disebut prostaglandin, membuat rahim berkontraksi.

Kontraksi itu yang menyebabkan timbulnya rasa sakit dan nyeri pada perut

Ada beberapa cara untuk mengurangi nyeri haid.Yukk kita simak,Mana tau anda bisa mengurangi nyeri saat anda mengalaminya!

Cara Menguranginya Yang Harus Kamu Coba Yaitu :

1.Memberikan Kopresan Air Hangat Ketika Haid

Tempelkan komprean air hangat di bagian perut yang terasa nyeri dan di area punggung diamkan selama 15-20 menit,lakukan sebanyak 3 kali sehari.

Terapi ini membuktikan bahwa efektifnya hampir sama dengan obat pereda nyeri antara lain paracetamol dan ibuprofen.loh.

Tips Menetelaris Haid

2. Lakukan Pijatan Lembut

Lakukan pijatan di bagian arean perut yang terasa nyeri, pijat dengan gerakan melingkar selama 5 menit.

Sedang melakukan pijatan anda bisa melakukannya di barengi dengan minyak kelapa atau minyak jojoba dengan minyak esensial, seperti lavender, cengkeh, dan kayu manis.

3.Menghindari Makanan Dan Minuman

Selama anda mengalami haid, sebaiknya anda harus menghindari makanan yang membuat perut kembung  yang mengandung cairan yang berlebihan untuk tubuh.

Seperti makanan berlemak, minuman berkafein dan berlkohol, minuman bersoda, serta makanan yang asin-asin.

Jika anda bisa menghindari makanan dan minuman tersebut anda pasti bisa mengurangi nyeri dan kram pada perut tanpa menggunakan obat-obatan.

Tanpa meminum obat-obatan bisa anda gantikan dengan meminum teh dengan jahe atau daun mint.

Meminum ini bisa mengurangi nyeri dan mencegah perut kembung.Sebaiknya kamu juga konsumsi vitamin-D dapat membantu tubuh menyerap kalsium dan mengurangi peradangan

Untuk menyeimbangkan kesehatan pada tubuh dan mengurangi nyeri haid, kamu juga bisa mengonsumsi makan-makanan bergizi,  seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, coklat hitam, telur, susu, yoghurt, dan ikan.

4.Melakukan Relaksasi Ketika Haid

Memperbanyak menggerakan yoga untuk membantu mengalihkan perhatianmu  sebagiknya anda melakukan yoga, untuk mencari kenyamanan saat sedang haid.Sebagian gerakan yoga juga bisa menghilangkan nyeri punggung pada haid.

Tips Menetelaris Haid

5.Berolahraga

Saat sedang haid bukan berarti kamu tidak bisa olahraga ya. Sebaiknya kamu melakukan beberapa pergerakan olahraga agar tubuh anda tetap aktif bergerak.

Dapat membuat aliran darah mengalir dengan lancar membantu mengurangi rasa sakit dan kram perut saat perut.

Sudah di akui oleh penelitian ketika wanita melakukan olahraga selama 30 menit dalam sehari maka bisa memperbaiki dan mengurangi gejala nyeri perut yang cukup signifikan.

Selain membantu pemulihan saat nyeri perut olahraga juga bisa membantu keseimbangan badan anda agar tetap ideal,loh.

Masih yakin kalian tidak mau berolahraga?

Apa kalian tidak mau agar tubuh kalian tetap cantik dan sehat terawat?
Maka ayukk kita jalani olahraga agar bisa mendapatkan tubuh yang tetap cantik dan ideal.

6.Berendam Di Air Hangat Ketika Haid

Tahukah kamu berendam di air hangat bukan hanya bisa meredakan nyeri haid.

Tapi juga bisa mengembalikan mood swing agar pikiran dan suasana hati anda bisa lebih rileks.

Tak hanya itu berendam di air hangat juga bisa menghilangkan stres dan bisa membuat kamu bisa tidur lebih nyenyak dari biasanya.

Maka berendam di air hangat juga bisa menjadikan kulit mu tetap halus terjaga.

Tidakkah sangat bagus hal sederhana tapi manfaatnya begitu banyak?

7.Menggunakan Obat-obatan Menghilangkan Nyeri Haid

Diantara tips-tips di atas masih tidak mampu mengurangi nyeri atau kram pada perut anda.

Maka hal terakhir silahkan anda mencoba konsumsi obat pereda nyeri, Seperti ibuprofen atau paracetamol,sesuai dengan aturan dokter ya.

8.Minum Air Putih

Meminum air putih dengan jumblah yang banyak bisa mengurangi rasa sakit nyeri saat haid.

Tapi sebaiknya kamu jika ingin mempercepat menghilangkan rasa nyeri silahkan kamu meminum air putih hangat.

Minum air putih hangat juga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan mengendurkan otot-otot yang sedang berkontraksi.

Nahh bagaimana?

menurut kamu jika rasa nyeri yang kamu rasa kan tidak berkurang juga setelah melakukan tips-tips di atas silahkan anda priksa ke dokter ya.

Jika nyeri perut timbul sesekali anda jangan terlalu khawatir ya,

Tapi jika nyerinya sering datang atau tidak hilang-hilang sebaiknya anda lebih berhati-hati dan konsultasi ke dokter untuk menjaga kesehatan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *