Kenali Kolesterol, Penyebab Dan Gejalanya

Kenali Kolesterol, Penyebab Dan Gejalanya
22/10/2022 0 Comments

Kolesterol merupakan lemak yang tubuh produksi, atau juga bisa berasal dari makanan daging atau hewani. Kolesterol dengan kadar yang normal sangat membantu tubuh misalnya dalam produksi vitamin D, hormon serta asam empedu untuk mencerna lemak. Tentunya juga bisa dalam membantu sel-sel baru untuk membuat tubuh berfungsi normal.

Namun, juga bisa menjadi sangat berbahaya apabila kadarnya terlalu tinggi. Karena dapat menyebabkan berbagai macam penyakit serta membuat komplikasi. Oleh sebab itu alangkah baiknya jika kadar kolesterol dalam tubuh ini selalu normal. Karena tentunya kita akan merasa sehat dan terhindar dari banyak penyakit juga.

Jenis Kolesterol 

Dalam darah, tugasnya merupakan pembawa protein. Yang mana penggabungan keduanya adalah lipoprotein. Dan untuk lipoprotein akan terbagi menjadi 2 jenis yakni lipoprotein kepadatan rendah atau LDL dan lipoprotein kepadatan tinggi atau HDL. LDL biasanya kita kenal sebagai kolesterol jahat, dan HDL adalah kolesterol baik. Tugas dari LDL adalah mengangkut kolesterol dari hati menuju ke sel yang membutuhkan. Dan sebaliknya tugas dari HDL adalah mengangkut kolesterol kembali ke hati untuk dihancurkan. 

Kenapa LDL memiliki sebutan jahat? Karena pada apabila kadarnya terlalu tinggi maka akan terjadi penumpukan pada pembuluh arteri. Oleh karena itulah mendapatkan sebutan jahat. Sedang HDL disebut baik karena mengangkut kembali yang berlebihan ke hati yang nanti akan dikeluarkan tubuh. 

Kenali Kolesterol, Penyebab Dan Gejalanya

Penyebab Kolesterol Tinggi

Tentu apabila kadar dalam darah menjadi terlalu tinggi, maka seseorang akan beresiko dalam terkenal kolesterol tinggi. Namun pasti ada beberapa hal yang menjadi penyebab kenapa bisa terkena kolesterol tinggi. Dan tentu kalian harus tahu dulu penyebabnya sebelum bisa mulai menghindarinya. Dan berikut penyebabnya.

Faktor Gaya Hidup

Yang menjadi salah satu penyebab orang bisa terkena adalah dari gaya hidup yang tidak sehat. Dan berikut ini merupakan contoh gaya hidup yang tidak sehat.

  • Jarang olahraga atau aktivitas fisik
  • Konsumsi makanan tinggi lemak jenuh 
  • Stress yang terlalu berat
  • Merokok
  • Konsumsi Alkohol berlebihan

Semua gaya hidup ini pastinya akan memberikan dampak buruk bagi tubuh. Jadi pastikan kalian akan mulai berolahraga, menjaga makanan, serta kelola pikiran anda. Semua hal yang kalian lakukan ini pastinya nanti akan menjadi salah satu yang bagus dan bermanfaat bagi tubuh juga.

Faktor Dari Penyakit

Ternyata penyakit lain juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Beberapa penyakit ini ialah

  • Diabetes atau Gula Darah
  • Obesitas atau Kelebihan berat badan
  • Gagal Ginjal Kronis
  • Hipotiroidisme
  • HIV/AIDS

Faktor Keturunan

Salah satu penyebabnya juga bisa ada dalam faktor keturunan. Yang mana bisa terjadi mutasi gen yang orang tua turunkan kepada anak. Yang mana dalam mutasi gen ini membuat tubuh tak dapat membuang kolesterol dalam darah. Namun kondisi seperti ini biasanya jarang terjadi ketimbang faktor lainnya. Namun tentunya apabila terdapat riwayat penyakit orang tua, maka pastinya sebagai keturunannya harus lebih berhati – hati.

Selain dari keturunan, biasanya orang yang berusia 40 tahun ke atas juga lebih memiliki resiko untuk menderita penyakit ini. Karena seiring pertambahan usia, kerja hati dalam membuang lemak jahat semakin menurun.

 

Gejala Penyakit Kolesterol

Untuk kolesterol tinggi, gejalanya tidak ada. Oleh karena itu sering sekali banyak orang yang tidak sadar apabila kolesterolnya sedang tinggi. Dan biasanya baru tahu ketika sudah terkenal komplikasi parah seperti stroke dan jantung. Namun ada juga yang mengatakan seperti tangan kesemutan, leher tegang, mudah lelah, mudah ngantuk menjadi salah satu pertanda bahwa kadarnya sedang tinggi. Namun tentunya hal – hal tersebut juga bisa mengacu ke penyakit lain.

Oleh karena itu ada baiknya apabila kalian mengecek secara teratur darah anda. Dengan begitu akan lebih pasti berapa kadar yang ada dalam tubuh saat itu. Sehingga kalian bisa lebih mengontrol sebelum keadaan menjadi lebih buruk baru kalian tangani. 

Pada saat pengecekan, akan ada nilai yang normal. Yang mana akan ada 4 nilai dari HDL, LDL, trigliserida serta kolesterol total.

  • Kolesterol total normal bila kurang dari 200 mg/dL
  • LDL normal bila kurang dari 100 mg/dL
  • HDL normal bila lebih dari 60 mg/dL
  • Trigliserida normal bila kurang dari 150 mg/dL

Kenali Kolesterol, Penyebab Dan Gejalanya

Pencegahan Kolesterol Tinggi

Tentu saja sebelum menjadi lebih parah, kita bisa melakukan pencegahan – pencegahan agar kadar dalam darah tetap normal. Yang bisa kalian lakukan yakni : 

  • Rajin berolahraga
  • Pengelolaan Stress
  • Menurunkan berat badan atau menjaga berat badan.
  • Penerapan pola makan sehat dengan gizi seimbang.
  • Hindari merokok.
  • Konsumsi makanan tinggi serat seperti sayur dan buah.
  • Pembatasan konsumsi minuman alkohol.

Dengan begitu maka pastinya kalian akan bisa lebih menjaga kolesterol dalam nilai yang normal. Selain itu pastinya dengan pola hidup sehat bisa membuat kalian juga terhindar dari semua penyakit. Atau setidaknya akan mengurangi resiko kalian bisa terkena penyakit – penyakit tertentu.

 

Kolesterol yang tinggi tentu membuat kita semua khawatir, namun apabila kalian mengerti seperti bagaimana dan penyebabnya. Pastinya semua akan lebih berusaha untuk hidup lebih sehat. Karena pasti lebih baik menghindari daripada menyembuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *