Mental Health, Penyebab dan Penanganan

Mental Health
31/10/2022 0 Comments

Masih banyak dari kita yang belum sadar akan pentingnya kesehatan Mental. Banyak juga dari kita yang masih mengklaim jika gangguan mental itu sudah pasti skizofrenia. Padahal faktanya Mental Health tidak selalu harus dikatakan stress dan gangguan kejiwaan. Jadi, apa sih sebenarnya Mental Health itu sendiri ? Mental Health menurut pakar kesehatan adalah dimana suatu kondisi hati dan pikiran dalam keadaan tenang. Tidak merasa berkecil hati dan lain sebagianya. 

Gangguan Mental Health

Penyebab gangguan Mental

penyebab gangguan mental pada manusia adalah faktor genetik, pola hidup, faktor penyakit,  lingkungan dan sosial.

  • Faktor Genetik

Dalam ilmu pengetahuan tentu saja orangtua akan menurunkan DNA ke anaknya. Setiap anak memiliki salinan DNA dari orangtua setidaknya 2 Gen. Jika salah satu orang tua memiliki riwayat gangguan mental, maka besar kemungkinan akan menurunkan pada anak mereka.

  • Pola Hidup

Makanan bergizi sangatlah dibutuhkan oleh tubuh terutama otak. Otak akan berjalan baik jika Nutrisi tercukupi. Pikiran yang sehat berasal dari makanan yang sehat juga. Meski kecil kemungkinan namun faktor pola hidup juga mempengaruhi gejala awal gangguan mental.

  • Faktor penyakit 

Banyak dari kita yang takut akan sebuah penyakit menggerogoti tubuh kita. Sehingga memicu cemas berlebihan dan menjadi faktor terjadinya gangguan mental. Apalagi yang kita takutkan itu terjadi dalam hidup kita. Kita akan dengan gampangnya terkena stress.

  • Lingkungan

Lingkungan yang bersahabat berperan penting dalam menjaga kesehatan mental. Ada pepatah mengatakan lingkungan yang sehat adalah awal dari kesuksesan. Ini hanya kiasan, tapi sangat relate dengan kehidupan sehari-hari. Bayangkan saja jika kita hidup dalam satu lingkungan yang kurang baik, misalnya tetangga yang toxic. Atau keluarga yang tidak pernah mendukung apapun yang kamu inginkan. Hal ini akan membuat kamu berpikir bahwa semua yang kamu lakukan salah sehingga memicu kesehatan mental. 

  • Sosial

Sama hal nya dengan lingkungan, teman yang positive vibes berpengaruh besar  dalam memelihara kesehatan mental. Teman yang selalu berpikir negatif dan tidak memikirkan perasaan orang lain berdampak pada kita. Ibaratkan seperti magnet, hal yang dibawa oleh teman akan melekat secara perlahan ke diri kita. Tidak hanya itu, komentar teman terhadap diri kita juga dapat membuat overthinking. Contoh kecilnya saat penampilan kamu jadi bahan tertawaan dalam circle. Meski dikatakan hanya untuk candaan tapi tidak menutup kemungkinan hati kecil kamu tersakiti. Hal-hal seperti ini lah yang memicu adanya pikiran negatif dan membuat mental kamu tidak sehat. 

Gejala gangguan mental

Disebutkan ada gejala awal seseorang terkena gangguan kesehatan mental yaitu perubahan suasana hati secara cepat, konsentrasi mudah terganggu, mudah terbawa suasana, kehilangan minat untuk melakukan aktivitas yang disukai, tidak peduli dengan lingkungan, kehilangan nafsu makan dan sedih berkepanjangan.Tidak hanya itu, gejala awal gangguan mental ada beberapa yang tidak terlihat seperti memendam perasaan sedih atau senang yang mereka rasakan. 

Cara Mengatasi Gangguan Mental

Perlu anda ketahui jika gangguan mental tidak ditangani akan berdampak buruk. Masih banyak dari kita yang tidak sadar akan hal tersebut. Ada pula yang merasa malu jika mereka mengalami gangguan kesehatan mental. Pada dasarnya semua manusia memiliki mental health. Hanya saja cara pandang setiap manusia itu berbeda-beda.  Oleh sebab itu jika anda merasa ada gejala-gejala seperti diatas lakukanlah hal berikut.

Menangani Gangguan mental
Mental Health
  • Self Love

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencintai diri anda terlebih dahulu. Hal ini sangat berguna untuk menghilangkan rasa tidak percaya dalam diri anda. Juga akan membuat anda lebih menerima dan mencintai kekurangan anda. Maka dari itu anda akan lebih mampu menerima setiap masalah dan tantangan dalam hidup. 

  • Perbaharui Pola Hidup

Lakukan olahraga rutin, makan teratur dan sehat dan rajin melakukan aktivitas positif. Menjauhi rokok dan minuman beralkohol dan berkafein tinggi. 

  • Terapi Meditasi

Ikuti aktivitas latihan untuk menenangkan pikiran seperti yoga dan meditasi. Ini akan berpengaruh untuk konsentrasi anda.

  • Keluarga

Dekatkan diri anda ke keluarga agar apapun yang sedang terjadi, keluarga dapat membantu dan menolong anda. Terbuka dan jujur lah kepada keluarga anda. 

  • Bersosialisasi

Carilah sosialisasi yang memberi dampak positif. Ikuti acara sosial yang tidak memberatkan anda misalnya acara sosial ke anak yatim atau komunitas pecinta hewan dan komunitas berbagi. 

  • Bercerita ke teman 

Jika anda punya masalah dalam hidup carilah teman yang bisa diajak curhat. Dengan mengeluarkan unek-unek dalam pikiran akan membuat hati dan pikiran tenang. 

  • Berdoa

Tentu saja berdoa adalah yang paling penting. Karena dalam hidup semua harus sinkron antara jiwa dan rohani. Maka dengan rajin beribadah dan berdoa menurut agama masing-masing akan jauh lebih menyehatkan pikiran. 

  • Dokter Psikolog

Memeriksakan diri ke ahlinya dengan mencari psikiater profesional dan memiliki lisensi. Periksakan diri ke Dokter psikolog untuk mengetahui skrining awal. 

Kenali gejala awal pada gangguan mental. Jika merasa sedang dalam fase diatas, anda sudah tau harus berbuat apa bukan ? Hal paling penting adalah jangan pernah merasa malu jika terdiagnosa gangguan mental. Sebab kesehatan mental yang optimal membuat kehidupan lebih berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *