Tips Untuk Menjaga Vagina Agar Tetap sehat

25/11/2022 0 Comments

Semua wanita tentu saja harus memperhatikan kesehatan Organ vagina nya dan tentu saja juga harus peduli dengan kesehatan vagina. Normalnya vagina yang sehat secara alami bersifat asam dan juga memiliki banyak bakteri baik. Menjaga vagina agar tetap sehat tujuannya adalah untuk mencegah infeksi atau iritasi dan mempertahankan tingkat PH di dalamnya.

Vagina yang sehat akan selalu mengeluarkan cairan Vagina tujuan nya adalah sebagai pembersih alami. Sedikit saja jika Vagina terjadi masalah akan menyebabkan iritasi,infeksi bahkan keputihan yang tidak normal dan bau yang tidak sedap.

Membersihkan Vagina tentu saja tidak bisa sembarangan. Karena memang membersihkan Vagina ada caranya yang tepat supaya tetap sehat dan juga tetap bersih. Berikut ini kami akan memberikan Tips untuk membersihkan organ kewanitaan.

Menjaga Vagina – Jangan Cukur Gundul Bulu Kemaluan

Bulu kemaluan tidak boleh di cukur habis karena dapat menyebabkan iritasi setelah itu timbuk lenting-lentingan nanah atau pustula. Bulu kemaluan dapat meredam gesekan pada vagina dan juga dapat menyerap keringat kemudian juga dapat melindungi dari bakteri. Beberapa orang mungkin tidak tahu bulu kemaluan dapat melindungi organ intim dari bakteri.

5 Bahaya Mengerikan bila Anda Nekat Cukur Bulu Kemaluan - Health Liputan6.com

Mencukur bulu kemaluan tentu saja boleh karena itu adalah salah satu cara untuk menjaga organ vagina dan menjaga kesehatan. Tetapi tidak boleh di cukur sampai gundul. Cukurlah dengan cara yang tepat

Menjaga Vagina – Gunakan Pakaian Dalam Yang Tepat

Banyak sekali jenis pakaian dalam, mulai dari yang berjaring-jaring atau yang berbahan karet dan berbagai jenis lainnya. Terlihat cantik memanglah keinginan setiap wanita tapi janganlah gunakan bahan yang tidak di rekomendasikan.

Tips Menggunakan dan Merawat Celana Dalam untuk Menjaga Kesehatan Vagina - Alodokter

Tidak baik untuk Menggunakan celana dalam bermodel jaring-jaring yang kamu pikir supaya terkena angin sepoi-sepoi atau berbahan karet supaya terlihat ketat dan seksi. karena bahan-bahan tersebut tidak dapat menyerap keringat dan akan menyebabkan masalah pada vagina. Jadi gunakanlah pakaian dalam yang memiliki sirkulasinya baik dan juga menyerap keringat seperti yang berbahan katun.

Menjaga Vagina – Jangan Pakai Vaginal Douche

Semprotan vagina atau yang di sebut Vaginal Douche mungkin beberapa dari kalian sering melihat di iklan-iklan untuk membersihkan vagina bagian dalam. Ini sebaiknya jangan di gunakan, karena untuk vagina bagian dalam tubuh perempuan sudah memiliki perbersih otomatis atau pembersih alami yaitu dengan cara mengeluarkan cairan.

Wanita Perlu Tahu, Ini Bahayanya Vaginal Douche

Jadi Vagina bagian dalam tidak perlu anda bersihkan ataupun di semprot-semprot dengan air. Jika anda melakukan itu secara terus menerus maka bisa menimbulkan iritasi/infeksi dan membuat PH akan terganggu.

Jadi untuk kalian janganlah terpengaruh dengan iklan-iklan atau barang yang aneh-aneh. Cukup bersihkan dengan air saja agar bakteri baik dalam vagina tetap terjaga. Bakteri baik dalam vagina sendiri mempunyai fungsi yaitu melindungi vagina agar tidak gampang terinfeksi.

Yang dapat di timbulkan saat memakai barang atau merk yang aneh aneh dapat mengeluarkan lendir malah keluar dan bakteri baik ikut keluar. Pada akhirnya keasaman vagina terganggu, keseimbangan PH terganggu, bakteri baik juga akan terganggu.

Menjaga Vagina – Jangan Pakai Wangi Wangian

Ada beberapa produk pembersih vagina menawarkan agar lebih wangi dan lebih enak harumnya. misalkan wangi anggur, wangi melon ataupun wangi parfum. Sebaiknya jangan menggunakan produk wewangian begitu karena memang vagina memiliki wangi yang khas. Seandainya sewaktu waktu vagina ada infeksi atau iritasi vagina juga memiliki bau yang khas.

Bahaya Pakai Parfum Vagina Sebelum Berhubungan Seks - KlikDokter

Jika anda menggunakan produk wewangian. Bau yang khas akan tersamarkan atau tertutup oleh parfum tersebut. masalah yang sedang terjadi malah tertutup oleh produk wewangian itu malah akan menjadi penyakit di kemudian hari.

Parfum atau wangi-wangian juga dapat menganggu bakteri baik dalam vagina, keasaman vagina, PH normal vagina. Jadi sebaiknya jangan gunakan pembersih atau produk yang menawarkan wangi-wangian.

Cuci Khusus Satu Kali Sehari

Kalian dapat membersihkan khusus vagina pada saat setelah olahraga, setelah buang air kecil, setelah berhubungan seksual ataupun saat anda mandi. Jika anda tidak membersihkan nya nanti cairan buangan vagina semakin menumpuk, keringat bisa menumpuk jadi menyebabkan vagina tidak bersih.

Membersihkan Vagina dengan Air Hangat, Boleh atau Tidak?|Glitzmedia.co

Ingat kulit vagina itu sensitif jadi tidak boleh juga untuk kita membersihkan vagina terlalu sering dan juga tidak boleh menggunakan bahan atau barang yang aneh-aneh. Cukup menggunakan tangan yang sudah dibersihkan atau waslap. Setelah beberapa aktivitas yang di lakukan sehari-hari anda hanya di wajibkan cuci khusus vagina 1 kali sehari tidak boleh terlalu sering.

Jaga Tetap Bersih Dan Kering

Kalian wajib menjaga kebersihan vagina dan tetap kering, jangan sampai lembab. Karena jika Vagina lembab itu akan memudahkan timbulnya jamur dan akan lebih mudah terkena infeksi, menyebabkan iritasi dan jangan gunakan celana dalam yang ketat dan juga lembab-lembab. Usahakan tetap kering dan bersih.

Gantilah Celana dalam anda ketika sudah lembab,ganti celana dalam anda ketika sudah berkeringat gunakanlah celana dalam yang berbahan katun.

Rutin Mengganti Pembalut

Saat menstruasi ini haruslah lebih ekstra dibandingkan dengan hari-hari biasa. Gantilah pembalut yang sudah basah, sudah basah dan juga bersihkan dengan air hangat pada area organ intimnya.

Cara Memakai Pembalut Sekali Pakai yang Tepat, Sudah Tahu Belum? | Good Doctor | Tips Kesehatan, Chat Dokter, Beli Obat Online

Jadi jangan hanya menganti-ganti saja kalau bisa di bersihkan juga dengan air hangat kemudian keringkan atau di lap dengan bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *